Total Pengunjung

Mohon maaf, jika halaman menuju adf.ly atau adfoc.us , mohon tunggu hitungan mundur selesai sampai muncul tulisan skip ad di sudut kanan atas , kemudian anda klik skip ad untuk dapat melihat halaman yang anda tuju. Mohon bantuan untuk bersabar menunggu, demi menyewa domain website ini. Terima kasih kepada pengunjung yang telah membantu

Pages

Penyakit Adenomyosis dan Penyembuhan


Pengertian

Adenomyosis adalah suatu kondisi di mana jaringan endometrium, tumbuh ke dalam dinding otot rahim. Kondisi tersebut paling mungkin terjadi pada akhir masa subur dan setelah memiliki anak.

Adenomyosis tidak sama dengan endometriosis, yang merupakan suatu kondisi di mana lapisan rahim berada di luar rahim. Meskipun wanita dengan adenomiosis sering juga memiliki endometriosis.

Penyebab adenomyosis tetap tidak diketahui, tetapi penyakit ini biasanya menghilang setelah menopause. Bagi wanita yang mengalami ketidaknyamanan parah dari adenomiosis, ada pengobatan yang dapat membantu, tetapi histerektomi adalah satu-satunya terapi.

Meskipun adenomyosis dapat sangat menyakitkan, kondisi tersebut umumnya tidak berbahaya.

Penyebab


Penyebab adenomyosis tidak diketahui. Penyebab adenomyosis yang mungkin termasuk:

1. Pertumbuhan invasif jaringan
Beberapa ahli percaya bahwa hasil adenomyosis merupakan invasi langsung dari sel-sel endometrium dari permukaan rahim ke dalam otot yang membentuk dinding rahim.

Insisi uterus yang dibuat selama operasi seperti operasi caesar (C-section) mempromosikan invasi langsung dari sel-sel endometrium ke dalam dinding rahim.

2. Pengembangan asal
Ahli lainnya berspekulasi bahwa adenomyosis berasal dalam otot rahim dari jaringan endometrium ketika rahim pertama kali terbentuk pada janin perempuan.

3. Peradangan uterus yang berhubungan dengan persalinan
Suatu peradangan dinding rahim selama periode postpartum dapat menyebabkan istirahat dalam batas normal dari sel-sel yang melapisi rahim.

Terlepas dari bagaimana mengembangkan adenomyosis, pertumbuhan bergantung pada estrogen yang bersirkulasi dalam tubuh wanita. Ketika produksi estrogen menurun pada saat menopause, adenomyosis dapat hilang.


Gejala


Pada beberapa wanita, adenomyosis adalah tidak menyebabkan tanda atau gejala, atau hanya sedikit menimbulkan ketidaknyaman. Tetapi perempuan lain dengan adenomyosis mungkin mengalami:

1. Perdarahan menstruasi berat atau berkepanjangan
2. Kram yang parah atau tajam, seperti nyeri panggul selama menstruasi (dismenore)
3. Kram menstruasi yang berlangsung selama periode menstruasi dan semakin buruk ketika semakin tua
4. Nyeri selama hubungan seksual
5. Pendarahan di antara periode menstruasi

Ukuran rahim dapat meningkat hingga dua atau tiga ukuran normal. Meskipun mungkin tidak tahu jika rahim membesar, mungkin dapat memperhatikan perut bagian bawah yang terlihat lebih besar atau terasa lembut.


Penyembuhan


Adenomyosis biasanya hilang setelah menopause, sehingga pengobatan mungkin tergantung pada kasus. Pilihan pengobatan untuk adenomyosis dapat meliputi:

1. Obat anti inflamasi
Jika mendekati menopause, dokter mungkin akan memberikan obat anti inflamasi, seperti ibuprofen (Advil, Motrin, dan lain-lain), untuk mengontrol nyeri.

Dengan memulai obat anti-inflamasi 2-3 hari sebelum periode menstruasi dimulai dan terus mengonsumsi selama periode menstruasi, dapat mengurangi aliran darah menstruasi selain menghilangkan rasa sakit.

2. Obat hormon
Mengontrol siklus menstruasi dapat dengan kontrasepsi oral kombinasi estrogen-progestin atau melalui hormon yang mengandung patch atau cincin vagina dapat mengurangi perdarahan berat dan rasa sakit yang terkait dengan adenomyosis.

3. Histerektomi
Jika rasa sakit parah dan menopause masih lama, dokter mungkin menyarankan operasi untuk pengangkatan rahim (histerektomi).

img

Mohon maaf, jika halaman menuju adf.ly atau adfoc.us , mohon tunggu hitungan mundur selesai sampai muncul tulisan skip ad di sudut kanan atas , kemudian anda klik skip ad untuk dapat melihat halaman yang anda tuju. Mohon bantuan untuk bersabar menunggu, demi menyewa domain website ini. Terima kasih kepada pengunjung yang telah membantu
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews