Total Pengunjung

Pages

Menghitung Besar Resistor Untuk Rangkaian LED (Light Emitting Diode)



Rangkaian lampu LED sering kita perlukan dalam membuat indikator suatu perangkat ataupun sebagai alat penerangan darurat. Rangkaian lampu LED pada gambar dibawah dapat digunakan sebagai acuan atau referensi dalam membuat lampu menggunakan LED (Light Emitting Diode).
Pada dasarnya rangkaian lampu LED sangat sederhana, yaitu terdiri dari sumber tegangan (batere atau atau sumber tegangan lain), resistor (sebagai penahan arus) dan LED (sebagai beban yang akan dihidupkan). Sebelum membuat rangkaian lampu LED perlu diketahui konstruksi fisik atau bentuk komponen LED tersebut agar tidak salah menentukan kaki LED. Berikut gambar fisik dan simbol LED.
Bentuk Dan Simbol LED (Light Emitting Diode)
 
Dari gambar dan simbol LED diatas kita dapat membedakan kiki LED yaitu kaki anoda dan kaki katoda. Kaki anoda pada rangkaian LED harus dihubungkan ke sumber positif dan kaki katoda dihubungkan ke sumber tegangan negatif. Rangkaian lampu LED seperti dijelaskan diatas terdiri dari sumber tagangan, resistor dan LED.
Rangkaian dasar lampu LED agar LED dapat menyala dan tidak rusak dapat dilihat pada rangkaian dasar lampu LED berikut.
Rangkaian Dasar Lampu LED

Dari rangkaian dasr lampu LED diatas dipasng sebuah resistor yang berfungsi untuk menahan arus yang mengalir ke LED. resistor ini dipasang karena LED hanya boleh dialiri arus maksimum 20 mA saja, apabila lebih dari 20 mA tersebut maka LED akan putus atau mati. untuk menetukan nilai resistor tersebut dapat dihitung dengan rumus berikut.
R = (Vs – 2 volt) / 0,02 A
Dimana :
R = Resistor (Ohm)
Vs = Tegangan sumber untuk menyalakan LED (volt)
0,02 Ampere = arus maksimum LED

LED pada rangkaian lampu LED diatas dapat diparalel ataupun seri, apabila menggunakan LED lebih dari satu maka nilai resistor dan banyaknya resistor yang dipasang mengikuti bentuk rangkaian yang digiunakan, yang penting arus maksimum yang mengalir pada LED adalah 20 mA. Semakin besar tegangan sumber maka semakin besar pula nilai resistansi resistor yang digunakan.


MAAF, KAMI TIDAK MENYEDIAKAN KOTAK KOMENTAR

KARENA

KOMENTAR BUKAN TEMPAT MEDIA IKLAN, BISNIS, PROMOSI, MASALAH LAIN.

TERIMA KASIH

Beritahu kami, jika ada link download yang rusak ke email : wisnu_tirtayasa@yahoo.com
Mohon maaf, jika halaman url menuju halaman adf.ly atau adfoc.us , mohon tunggu hitungan mundur selesai sampai muncul tulisan skip ad di sudut kanan atas , kemudian anda klik skip ad untuk dapat melihat halaman yang anda tuju. Terima kasih
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews